Jumat, 18 November 2011

TIK

1.Pentingnya Etika Dalam Teknologi Informasi

Apa itu etika?Etika adalah salah satu dasar tindakan dari tindakan seseorang, dengan adanya etika seseorang akan mengetahui tindakan yang baik dan yang  buruk. Etika menjadi hal lahiriah dari manusia. Salah satu penyebab pentingnya etika adalah karena etika melingkupi wilayah-wilayah yang belum tercakup dalam wilayah hukum. Faktor etika disini menyangkut identifikasi dan penghindaran terhadap perilaku yang salah dalam penggunaan teknologi informasi. Untuk itu etika dipandang perlu dibentuk sebagai perilaku yang mengikat oleh pengguna teknologi informasi. Etika tenologi informasi berbeda dari etika umum. Teknologi informasi mentitikberatkan pada masyarakat yang memiliki pengetahuan mengenai teknologi informasi agar percaya pada ilmu pengetahuan. Bidang itu menciptakan produk misalnya komputer yang dapat mempengaruhi masyarakat luas. Menurut James H. Moor, etika komputer adalah sebagai analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis.

2.Contoh Perbuatan Yang Tidak Etis Dalam Penerapan Atau Penggunaan Teknologi Informasi 
a.Menggunakan perangkat komputer hanya untuk membahayakan orang lain
b.Mencampuri pekerjaan komputer orang lain
c.Mengintip file orang lain
d.Menggunakan perangkat komputer untuk pekerjaan ilegal
e.Menggunakan perangkat komputer untuk membuat kesaksian palsu
f.Menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum dibayar
g.dll

3.Penanganan Agar Etika Diperhatikan Oleh Setiap Pengguna
Untuk menerapkan etika TIK diperlukan terlebih dahulu mengenal dan memaknai prinsip yang terkandung di dalam TIK diantaranya adalah :
1.TujuanTeknologi dan Informasi : memberikan kepada manusia untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan kreatifitas, membuat manusia lebih berkarya jika tanpa menggunakan teknologi informasi dan aktifitasnya.
2.Prinsip High-Tech-High-Touch : jangan memiliki ketergantungan terhadap teknologi tercanggih tetapi lebih penting adalah meningkatkan kemampuan aspek "High-Touch" yaitu "manusia"
3.Sesuaikan Teknologi Informasi Terhadap  Manusia :  seharusnya teknologi informasi dapat mendukung segala aktivitas manusia yang harus menyesuaikan teknologi informasi.

4.Jenis-Jenis Perbuatan yang Melanggar Privasi, yang Senantiasa Dilakukan Oleh Beberapa Perusahaan
a.Penipuan
b.Penggandaan
c.Pembajakan
d.Penyalahgunaan
e.Penghinaan terhadap perusahaan lain

5.Contoh Teknologi yang Dapat Menjaga Privasi Seseorang Dalam Dunia TI
a.E-mail
b.Cookie
c.IP adress
d.MAC adress

0 komentar:

Posting Komentar

 

Caca's Blog Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template